TUGAS KEWIRAUSAHAAN
(SOFTSKILL)
Nama :
-
Ita Rosita
-
Sara Exalt Simamora
-
Siti Wulandari
-
Yulia Marita
Kelas :
2SA02
BAB
I
RINGKASAN
EKSEKUTIF
Data
Perusahaan
Nama Perusahaan
|
UD. XKLUSIF
|
Bidang Usaha
|
Furniture
|
Jenis Produk / Jasa
|
UNICO ( kursi-tangga )
|
Alamat Perusahaan
|
Jalan raya ciracas no.6,Jakarta timur
|
Nomor Telepon
|
021-8704154
|
Nomor Fax
|
021-8704154
|
Alamat E-mail
|
Sales-unico@exclusivo.com
|
Situs Web
|
www.exclusivo.co.id
|
Orang-orang
Terkait Dengan Perusahaan :
Nama : Ita Rosita
Alamat : Jl.Radar Auri, komplek Pondok Cibubur B5 No 20, Jakarta
Timur
Telp : 085691359059
Nama : Sara Exalt Simamora
Alamat : Komp Pondok Cipta Blok C No 2, Kranji-Bekasi Barat
Telp : 085693103669
Nama : Siti Wulandari
Alamat
: Senayan Bintaro Blok HH8-2
Sektor 9, Tangerang
Telp
: 081314266267
Nama
: Yulia Marita
Alamat
: Jl.Pangeran Jayakarta No
34/0, Jakarta Pusat
Telp
: 081932684119
Uraian
Singkat Mengenai Perusahaan, Produk dan Jasa
Perusahaan bergerak
dibidang mebel yang kental akan seni dan kreatifitas. Produk yang dihasilkan
adalah kursi kayu dengan fungsi ganda, yaitu dapat pula digunakan sebagai
tangga. Selain memiliki keunikan dari segi manfaat penggunaannya, kursi-tangga
ini memiliki sentuhan ukiran elegan khas Indonesia . Kami menyediakan jasa
pengiriman barang disekitar wilayah JABODETABEK. Namun untuk diluar daerah
tersebut pengiriman dilakukan sesuai perjanjian. Masalah pelanggan yang sering
muncul adalah, ruangan yang dimiliki terbatas dan tidak memiliki space yang luas. Sedangkan dengan kursi
dwifungsi ini, konsumen dapat menggunakan tangga tersebut untuk menjangkau
tempat yang tinggi tanpa memakan tempat.
Uraian
Singkat Mengenai Pasar
Target pasar yang dituju dapat
dikatakan cukup luas. Kursi-tangga ini memiliki pangsa pasar antara lain
seperti rumah tangga, penghuni apartment dan kos-kosan, kolektor seni, distributor
meubel, pasar internasional dan lain sebagainnya.
Uraian Singkat
Mengenai Strategi
Menghasilkan produk
yang unik dengan konsep minimalis dan dapat memenuhi kebutuhan pelanggan modern
saat ini.
Uraian
Singkat Mengenai Pengalaman Manajemen dan Teknisi
Orang-orang yang
terkait dengan manajemen perusahaan dapat dikatakan memiliki kemampuan dan
keahlian yang dapat saling melengkapi dan ahli didalam bidangnya. Sedangkan
para pekerja atau teknisi yang digunakan telah berpengalaman dalam bidangnya.
Perusahaan mendatangkan tenaga ahli yang mahir dalam pahatan dan ukiran.
Uraian
Singkat Mengenai Keuangan
Keuntungan
diproyeksikan akan terus meningkat, dikarenakan dua hal yang secara garis besar
mempengaruhi baik secara langsung maupun tidak langsung. Salah satu hal yang
mempengaruhi keuangan perusahaan secara tidak langsung adalah perkiraan akan
tingkat inflasi serta pertumbuhan ekonomi Indonesia yang akan meningkat.
Sedangkan, hal yang secara langsung mempengaruhi keuangan perusahaan adalah
tingkat konsumsi masyarakat serta tingkat kesejahteraan masyarakat yang semakin
baik, dapat membuat peningkatan dalam penjualan product.
BAB
II
PERNYATAAN
VISI DAN MISI
·
Visi
·Menjadi
perusahaan yang dapat mengembangkan produk dalam negeri di pasar internasional.
·
·
Misi
·Mempelopori
pengembangan industri meubel dwifungsi yang berkualitas dan dapat memenuhi kepuasan
semua pihak berkepentingan, dengan tetap memegang teguh prinsip perusahaan.
·
·
Nilai dan Prinsip
· Prinsip yang ditetapkan sejalan
dengan perusahaan, antara lain :
- Menciptakan lingkungan kerja
yang baik dan kondusif
- Menggabungkan kreativitas
dan inovasi
- Membangun hubungan kemitraan
yang baik terhadap semua pihak
- Berkomitmen
dalam hal tanggung jawab sosial dan ekonomis
·
Keunikan dan Keunggulan
kompetitif
Keunikan
yang dimiliki perusahaan adalah dapat menciptakan produk yang memiliki dua
fungsi, seperti kursi yang dapat berubah fungsi sebagai tangga. Tidak hanya
itu, meubel yang kami tawarkan juga memiliki kualitas tinggi dengan sentuhan
ukiran tradisional Indonesia.
Keunggulan
kompetitif yang dimiliki perusahaan adalah produk yang unik dengan
menggabungkan kreativitas dan inovasi, sehingga menghasilkan suatu meubel dwifungsi
yang dapat memenuhi kebutuhan pelanggan. Selain memiliki beberapa fungsi,
kursi-tangga yang kami hasilkan menggunakan bahan baku yang berkualitas ( kayu
jati ). Perusahaan hanya bekerjasama dengan supplier yang memiliki bisnis kayu
legal dengan konsep tebang pilih tanam. Sehingga secara tidak langsung,
perusahaan turut serta dalam proses pelestarian lingkungan.
BAB IV
PROFIL BISNIS DAN INDUSTRI
A.
Analisis
Industri
1.
Latar Belakang dan Tinjauan
Industri
Industri furniture di Indonesia merupakan industri padat
karya. Dimana untuk perolehan bahan baku
kayu kita tidak perlu bergantung dengan pihak lain. Didukung dengan
ketersediaannya tenaga terampil dalam seni pahat dan ukir membuat peluang untuk
mengembangkan usaha ini kian besar. Dunia industri kini sudah sangat berubah.
Khususnya industri peralatan rumah tangga. Saat ini banyak produsen penghasil
peralatan rumah tangga yang menghasilkan alat-alat yang memiliki beberapa
fungsi. Beberapa pengamatan telah membuktikan bahwa konsumen lebih menyukai
tipe barang yang memilii fungsi ganda seperti ini. Karena disamping kemudahan
atau efisiensi yang ditawarkan, harga barang-barang seperti ini juga tidak
terlalu dirasa merugikan oleh konsumen.
Hal
di atas mendorong kami untuk menciptakan terobosan baru terhadap alat-alat
rumah tangga, dan kami berfokus pada meubel. Kami mengembangkan produk dengan
menonjolkan sisi fungsionalnya, dimana satu benda memiliki beberapa fungsi
lainnya. Hal ini sangatlah efisien dan ekonomis khususnya di jaman modern
seperti sekarang ini. Keterbatasan tempat bukanlah suatu masalah lagi. Selain
dari segi fungsional, bentuk dan kualitas dari produk kami dapat bersaing di
pasar internasional. Sentuhan ukiran dan pahatan yang elegan didukung dengan
kayu berkualitas Yang kami ditawarkan di sini adalah prestige, kemudahan, serta
bentuk yang menarik.
Dapat
dikatakan industri furniture memiliki perkembangan yang pesat sekarang ini.
seperti kita lihat bahwa pertumbuhan pembangunan property kian meningkat.
Pembangunan apartemen di Jakarta
mengalami kemajuan yang sangat besar dalam beberapa tahun belakangan ini. Tren
modern minimalis kini tengah berkembang dan digunakan oleh banyak perusahaan
properti. Produk kami tentunya dapat memenuhi kebutuhan pelanggan modern yang
memiliki keterbatasan ruang.
2.
Tren Yang Penting
2. Data
industry furniture (dalam US $)
Seperti ditunjukkan pada grafik
diatas, industry furniture memiliki potensi yang cukup besar untuk dapat
berkembang.
3. Tingkat
Pertumbuhan
3.Yang cukup membesarkan hati,
tingkat pertumbuhan furniture Indonesia
pada 2003-2007
menunjukan arah positif, yakni
5,52 %. Tingkat kebutuhan yang cukup tinggi akan pengadaan perlengkapan rumah
tangga khususnya meubel tentunya di tunjang oleh semakin meningkatnya
pembangunan property dan perubahan gaya
hidup modern masyarakat sekarang ini. Pertumbuhuan perusahaan cukup menjanjikan
karena produk yang dihasilkan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat modern dan
memiliki keunikan tersendiri dengan fungsi ganda yang ditawarkan.
4.
Faktor-Faktor Keberhasilan Utama
dalam Industri
•
Menciptakan produk dengan desain yang unik dan memiliki beberapa fungsi
•
Produk yang dihasilkan cocok dengan pola hidup masyarakat sekarang ini
•
Mengutamakan kualitas produk dan kepuasan pelanggan
•
Konsisten dan tepat waktu dalam hal pengiriman dan pengadaan barang
•
Memberikan perhatian khusus terhadap karyawan dan lingkungan sekitar
• Memiliki hubungan yang baik
dengan supplier tetapi tetap selektif dalam menjalin kerjasama
B. Pandangan untuk tahap-tahap pertumbuhan di
masa depan
Pandangan
tentang masa depan industri mebel adalah optimis. Mebel kini telah menjadi produk fashion, mode, dan gaya hidup. Di lain pihak, ketersediaan
barang mebel itu juga sudah sedemikian tingginya sehingga dimana saja, kapan
saja, dan pada tingkat harga berapa saja, masyarakat dengan mudah dapat
memperolehnya. Sehingga kami melihat bahwa prospek untuk menawarkan ke masyarakat
cukup tinggi.
C. Sasaran dan Tujuan Perusahaan
Sasaran
Dapat
menguasai pasar lokal dan dapat menembus pasar internasional melalui
pengembangan produk-produk multifungsi lainnya. Dengan menggabungkan kreasi dan
inovasi, Exclusivo dapat menciptakan
produk unik yang berkualitas internasional.
Tujuan
• Memperkenalkan produk furniture
dwifungsi yang unik dan berkualitas tinggi di pasar domestik maupun internasional
• Melakukan ekspansi usaha menuju kancah
internasional
BAB
V
STRATEGI
BISNIS
A. Citra dan posisi yang diinginkan dalam pasar
Perusahaan ingin membangun citra
yang baik dengan cara meningkatkan kualitas produk dan pemilihan bahan baku sesuai dengan standar
ketetapan perusahaan. Selain itu membangun hubungan yang baik dengan
pihak-pihak yang terkait dengan perusahaan, termasuk lingkungan sekitar juga
dapat membentuk citra yang baik dan tempat tersendiri di pasar.
B. Analisis SWOT
1.
Strengths (kekuatan)
·
Produk yang dihasilkan unik dan sesuai dengan
pola hidup masyarakat sekarang ini yang mengedepankan efisiensi
·
Pelayanannya
yang cepat dan ramah mempertahankan hubungan perusahaan dengan para konsumennya.
·
Keterampilan
dalam membuat furniture modern berkualitas
·
Pahatan
atau ukiran yang elegan didukung dengan tenaga ahli
·
Perusahaan
memiliki tanggung jawab sosial dan ekonomis dari produksi perusahaan
·
Memiliki daya saing baik dalam differensiasi
(keunikan) .
·
kekayaan ragam kayu dan serat alam. Sehingga
dengan demikian, Indonesia
berpotensi menghasilkan desain furniture kayu yang unik.
2. Weaknesses
(kelemahan)
·
Exclusivo ditujukan untuk kalangan
kalangan atas karena kualitasnya dan keunikan dari
produknya
·
Masih banyaknya perusahaan pesaing yang
menggunakan supplier illegal sehingga dapat menekan harga lebih rendah dari Exclusivo
·
Kejenuhan
pelanggan akan produk yang di hasilkan
·
Mudahnya
pesaing untuk masuk kedalam pasar
3. Opportunities
(peluang)
·
Belum
tersedianya secara luas produk meubel unik multifungsi bernuansa modern namun
tetap memiliki sentuhan seni khas Indonesia
·
Banyak
dibangunnya apartemen dan perumahan elite bernuansa minimalis
·
Kebutuhan
akan furniture yang efisien dan tidak memakan banyak ruang
·
Gaya hidup masyarakat Indonesia yang konsumtif
·
Peluang ekspor masih terbuka lebar. Peluang
Indonesia dalam memasarkan produk furniture
di pasar luar negeri masih cukup besar karena share dari Indonesia
baru sebesar 1.62 persen selama tahun 2007 lalu. Indonesia mencapai peringkat ke 18
untuk kategori eksportir furniture terbesar.
·
Meluasnya penggunaan informasi teknologi dalam
bisnis juga bisa mendorong perkembangan furniture. Supplier di Indonesia
lebih mungkin untuk mengenal lebih banyak buyer, dan buyer pun lebih bisa
mengenal lebih banyak supplier. Sehingga kondisi ini bisa mengurangi rantai
distribusi yang bisa membuka lebih banyak peluang
4.
Threats (ancaman)
·
Dijaman
yang semakin modern, produk yang ditawarkan pun semakin unik dan beraneka ragam bentuknya sehingga bisa saja
produk Exclusivo termakan oleh jaman.
·
Peniruan
produk oleh pesaing dan kemampuan pesaing untuk memberikan harga jual yang lebih
rendah dengan mengesampingkan kualitas
·
Hambatan-hambatan
yang dihadapi dalam mengeksport produk seperti dalam hal pendistribusian,
pemasaran, perizinan dan pembatasan kuota eksport
·
Ketidak
percayaan akan kualitas produk dalam negri oleh masyarakat Indonesia dan
konsumen internasional
C. Strategi Kompetitif
·
Strategi
differensiasi
yaitu menciptakan produk yang unik dan efisien menjadikan Exclusivo berbeda dengan perusahaan
meubel lainnya sehinnga perusahaan dapat membangun loyalitas dengan pelanggan
dan memiliki tempat tersendiri di hati konsumen. Dengan menggabungkan inovasi
dan kreasi, Exclusivo terus-menerus
melakukan pengembangan terhadap produknya sesuai dengan kebutuhan pasar.
·
Fokus
Selain itu perusahaan juga fokus terhadap
segmen pasar yang dituju. Yaitu konsumen kelas menengah ke atas dengan gaya hidup modern yang
mengedepankan fungsionalitas suatu barang.
BAB VI
PRODUK DAN PERUSAHAAN
A.
Deskripsi
1. Ciri-ciri Produk
Produk kami (unico) terbuat dari
kayu jati yang bermutu tinggi yang berasal dari Jawa Timur. Produk unico
tersedia dalam ukiran dan bentuk yang bervariasi sesuai dengan keinginan
konsumen. Produk ini sangat unik karena memiliki kegunaan dwifungsi. Selain
unik, produk ini juga sangat mudah digunakan dan praktis.
2. Manfaat untuk Pelanggan
·
Memberikan
kemudahan kepada pelanggan dalam melakukan aktifitasnya.
·
Dengan
keterbatasan ruang yang ada dapat tetap memberikan manfaat yang maksimal.
·
Produk
kami tahan lama (anti rayap) sehingga jangka waktu penggunaannya relative dalam
jangka panjang.
·
Produk
ini dapat ditempatkan di ruang tamu, ruang makan, kamar tidur, kantor, toko dan
taman, sesuai dengan kebutuhan.
3. Jaminan
Bila setelah pembelian 1 minggu
produk kami mengalami kerusakan yang di sebabkan kesalahan produksi, kami akan
memberikan jaminan penggantian dengan produk yang serupa. Kami juga memberikan
jasa pelayanan untuk setiap produk yang mengalami kerusakan untuk memenuhi
keluhan-keluhan pelanggan lainnya.
4. Keunikan
Kami
menciptakan produk yang mengedepankan fungsionalitas. Dimana satu benda dapat
memiliki dua fungsi sekaligus. Keunikan produk kami di dukung dengan sentuhan
ukiran yang dapat disesuaikan dengan keinginan pelanggan. Perawatan produk ini
juga sangat mudah dan tidak membutuhaknan perawatan ekstra.
B.
Perlindungan Merek Dagang
Mengingat produk ini adalah
produk inovatif, kami akan mendaftarkannya dengan merek dagang Unico. Dengan
demikian merk dagang dapat di gunakan perusahaan untuk dapat mengidentifikasi
keaslian produk yang di hasilkan dan juga membedakan produk Unico dengan produk
lainnya yang ada di pasar. Selain itu perusahaan juga mendapatkan image khusus di
mata masyarakat.
C.
Uraian Mengenai
Proses Produksi (bila memungkinkan)
1. Bahan Baku
·
Bahan
baku utama adalah
kayu jati berkualitas tinggi yang berasal dari Jawa Timur.
·
Bahan
pendukung lainnya adalah paku, baut, amplas halus, impra dan ultran politur.
·
Alat
yang digunakan adalah gergaji, serutan kayu, palu dan pahat kayu.
2. Biaya
Biaya yang akan yang akan kami
keluarkan terkait produk antara lain meliputi biaya operasional (produksi,
iklan/promosi, asuransi, gaji dan upah, penyusutan, dan biaya lainnya), biaya
umum ( biaya telepon, air, dan listrik ), serta biaya lain seperti biaya pajak.
3. Pemasok Utama
Untuk bahan baku kayu jati kami mendatangkan dari Jawa
Timur yang kami beli dari supplier legal yang memiliki konsep tebang pilih
tanam. Sedangkan untuk bahan pendukung lainnya dan alat yang digunakan kami
memesan dari pemasok lokal. Semua bahan baku
produk kami pesan dari dalam negeri dengan tujuan efisiensi biaya serta untuk
memajukan perekonomian dalam negeri.
D. Penawaran
Produk di Masa yang akan Datang
Perusahaan memprediksikan
penawaran produk di masa yang akan datang akan meningkat. Bila produk sukses
seperti yang kami perkiraan, kami akan melakukan penambahan produk dengan
inovasi baru. Dengan demikian permintaan pun diharapkan akan meningkat. Untuk
jelasnya akan kami muat lebih rinci dalam proyeksi laporan keuangan perusahaan.
BAB
VII
STRATEGI PEMASARAN
A.
Target Pasar
Target
pasar kami adalah masyarakat kelas menegah ke atas yang tinggal diperumahan
mewah dan kalangan bisnis yang tinggal di apartemen. Target kami juga mencakup
orang – orang yang menyukai barang – barang unik. Target lokasi tempat tinggal
yang kami bidik adalah Jakarta dan sekitar Jakarta seperti Bogor ,
Depok, Tangerang, Bekasi, dan Banten. Untuk lebih jelasnya spesifikasi target
pasar kami akan dijelaskan dibawah ini.
1.
Profil
Demografis Lengkap
Rata-rata umur pembeli produk : ≥ 25
tahun
Demografis : Penduduk Jakarta
dan sekitar Jakarta seperti Bogor , Depok, Tangerang, Bekasi dan Banten
Ekonomi : Kelas menengah
ke atas
2. Karakteristik Lain Pelanggan yang Penting
Karakteristik geografi : Khusus Jabodetabek dan Banten.
Karakteristik psikografis : Kelas sosial menegah ke atas yang menyukai
kepraktisan.
B.
Motivasi
Pelanggan Untuk Membeli
Dilihat dari perkembangan pasar saat
ini, segala sesuatu terlihat serba cepat dan praktis, misalnya makanan yang
serba instant (makanan kaleng, minuman kaleng, mie instant dan lain
sebagainya). Hal inilah yang memotivasi kami untuk membuat produk yang praktis
dan mudah digunakan seperti produk kami Unico.
Sebagai langkah awal untuk menarik pelanggan, kami memberikan potongan harga 10%
pada peluncuran awal produk kami. Selain itu kami juga memberi bermacam – macam
bentuk dan ukiran ( sesuai keinginan pelanggan ). Dengan kata lain pelanggan
bisa memesan produk dengan spesifikasi tertentu.
C.
Ukuran dan Tren
Pasar
1.
Seberapa
besar pasarnya ?
Sebagai pemula (new entrants), kami menargetkan pasar hanya untuk di dalam negeri (Indonesia )
saja. Namun dalam lima
tahun kedepan kami memproyeksikan akan melakukan ekspansi sehingga dapat
mencapai pasar asing. Untuk saat ini,
potensi pasar masih terbuka luas karena masih sedikit pesaing di industri
seperti yang kami jalani saat ini. Untuk di Jakarta khususnya, masyarakat Jakarta lebih memilih
kepraktisan sehingga dapat membuka peluang besar bagi produk kami untuk dapat
merambah ke seluruh lapisan masyarakat.
2.
Apakah
pasarnya membesar atau menyusut? Seberapa cepat?
Melihat peluang
di atas, kami memiliki keyakinan bahwa pasar akan meningkat. Tingkat penetrasi
pasar diprediksikan akan berkembang cepat seiring dengan kebutuhan konsumen
yang ingin serba cepat dan praktis. Untuk lebih jelasnya akan kami gambarkan
melalui proyeksi penjualan produk di bagian analisa laporan keuangan.
D.
Periklanan dan
Promosi
1.
Media yang
digunakan
Media
yang akan digunakan untuk memperkenalkan dan mempromosikan produk ini adalah flyer, media internet dan kami juga akan
mengadakan pameran furniture (
seperti di PRJ, JCC ). Dalam penggunaan flyer
akan dimuat berbagai informasi tentang jenis produk yang ditawarkan, harga,
serta manfaat – manfaat yang dapat diperoleh melalui produk kami.
Sarana
lain yang juga efektif untuk melakukan promosi produk adalah mengadakan pameran furniture. Internet tidak lagi
bisa terlepas dari kehidupan masyarakat. Karena sekarang internet sudah menjadi
suatu kebutuhan yang sangat penting dimana dengan mudah mendapatkan informasi
serta dapat menjalin relasi. Bukan hanya itu saja, hal-hal yang berhubungan
dengan hiburan dan penjualan produk-produk pun juga tersedia di internet. Oleh
karena itu akan sangat cepat memperkenalkan dan mempromosikan produk melalui
internet.
2. Biaya media
Kami akan
memfokuskan biaya promosi melalui flyer
dan media internet yaitu , pada tahun-tahun pertama. Kemudian pada tahun-tahun
berikutnya kami akan menyesuaikan biaya media melihat dari laba tahun pertama
yang diperoleh dan cash flow
perusahaan.
3. Frekuensi Penggunaan
Frekuensi
penggunaan media elektronik ( internet ) maupun pameran furniture disesuaikan
dengan ketentuan dan kesepakatan dengan pihak yang terkait, berdasarkan
anggaran yang telah ditentukan.
Untuk
penyebaran flyer akan lebih
diintensifkan pada saat memperkenalkan produk kepada masyarakat. Setelah itu
penyebaran flyer akan dilakukan empat
hingga lima
bulan sekali untuk mengingatkan konsumen dengan produk ataupun menginformasikan
kepada konsumen tentang informasi-informasi terbaru mengenai produk, seperti
jika terdapat diskon atau lini baru produk.
Frekuensi
pameran akan tinggi pada saat pengenalan produk pada masyarakat. Setelah produk
mulai dikenal masyarakat, masyarakat dapat langsung mendatangi tempat kami
untuk mendapatkan produk tersebut. Pameran akan dilakukan kembali jika ada
promosi khusus kepada masyarakat.
Sedangkan
frekuensi penggunaan internet akan cukup sering. Kami akan membuat sebuah website khusus untuk memberikan
informasi kepada pelanggan mengenai perusahaan dan produk kami serta untuk
melakukan transaksi penjualan produk.
E.
Penetapan harga
1. Struktur biaya
a.
Tetap
b.
Tidak
tetap
Strategi
penetapan harga yang ditetapkan oleh perusahaan yaitu strategi penetapan harga
tinggi (skimming pricing strategy) dan dapat segera menutup biaya pengembangan
dan promosi awal perusahaan.
2. Citra yang diinginkan di dalam pasar
Citra perusahaan
dan produk yang ingin kami tumbuhkan di mata masyarakat adalah perusahaan yang
memiliki produk berkualitas tinggi dengan
harga yang sesuai dengan kualitasnya.
3. Perbandingan terhadap harga-harga pesaing
Karena masih
sedikit pesaing dalam industri ini maka persaingan harga belum terlihat jelas,
karena dalam persaingan harga kami hanya baru melihat furniture yang produknya
masih standart sedangkan produk kami adalah beda dari yang lainnya yaitu kami
menawarkan produk furniture yang dwifungsi.
F.
Strategi
Distribusi
1. Saluran distribusi yang digunakan
Untuk
mendistribusikan produk, kami akan bekerja sama dengan beberapa perusahaan
untuk meningkatkan penjualan kami nantinya.
2. Teknik dan insentif penjualan
Insentif yang
akan diberikan oleh perusahaan kepada para penjual adalah dengan memberikan
diskon untuk pemesanan dalam jumlah tertentu dan kami juga akan memberikan
service gratis jika ada terjadi masalah dengan produk kami.
BAB VIII
LOKASI DAN TATA LETAK
A. Lokasi
Lokasi
kami terletak di Jalan Saharjo No. 45 Tebet, Jakarta Selatan. Kami memilih
lokasi tersebut karena merupakan wilayah yang strategis dan kami yakin
kedepannya mempunyai prospek yang menjanjikan untuk dijadikan sebagai tempat
pembuatan produk sekaligus outlet penjualan.
Kami
tidak menempatkan lokasi di dekat sumber daya (hutan kayu jati) karena target
market utama produk kami berada di Jakarta dan sekitarnya.
Kami menempatkan lokasi di Jakarta
sekaligus untuk mempermudah proses pemasaran produk. Penempatan pabrik pada
kawasan di atas juga dikarenakan kawasan ini sangat strategis dan akan
mempermudah proses pendistribusian produk kami ke berbagai toko mebel,
distributor furniture di daerah Jakarta
dan sekitarnya. Kami juga akan membuka pameran mebel untuk memperkenalkan
produk kami kepada masyarakat luas.
Kebutuhan kami akan tenaga kerja
baik pabrik maupun tenaga karyawan tentu masih sangat tinggi karena perusahaan
ini baru didirikan. Untuk tenaga kerja pabrik, kami akan memakai jasa
ketenagakerjaan dan juga membuka lowongan bagi masyarakat di daerah sekitar
sebagai wujud kami dalam mengurangi tingkat pengangguran. Tingkat upah untuk
tenaga kerja pabrik akan kami sesuaikan dengan Upah Minimum Regional yang
berlaku di Jakarta .
Sedangkan untuk karyawan kantor akan kami sesuaikan dengan kemampuan dan
keahliannya.
BAB IX
ANALISIS PESAING
A. Pesaing yang ada
Pada saat ini industri furniture
sudah sangat berkembang di Indonesia .
Rumah bukan lagi hanya merupakan tempat
untuk istirahat saja, tetapi juga sebagai bagian dari gaya hidup. Oleh karena itu tidaklah
mengherankan apabila banyak pengusaha yang berlomba untuk menarik
konsumen dengan menjual furniture. Salah satu perusahaan yang
bergerak di bidang ini adalah Chris Jati Plus, yang berkedudukan di
Jakarta Pusat. Perusahaan ini kami pertimbangankan sebagai pesaing utama kami
saat ini karena perusahaan ini juga menjual furniture dengan bahan utama kayu
jati.
Untuk
kelancaran bisnis kami, kami telah melakukan analisis terhadap perusahaan Chris
Jati Plus mengenai kelemahan dan kelebihannya sebagai berikut :
Kelemahan pesaing
1. Desain
produk relatif kurang menarik, karena model yang ditawarkan lebih cenderung
monoton.
2. Upaya
Pemasaran kurang maksimal, hal ini dapat dilihat dari kurangnya kesadaran
konsumen mengenai prusahaan ini. Website yang dibuat sebagai salah satu alat
pemasaran juga kurang menarik dilihat dari segi tata letak dan desainnya.
Kelebihan pesaing
1. Pesaing
sudah memulai bisnis lebih dahulu sehingga telah mempunyai pengalaman yang
lebih baik di bidang ini dibandingkan dengan kami.
2. Produk
yang ditawarkan oleh perusahaan ini sudah lebih beragam dibandingkan dengan
perusahaan kami yang fokus pada pembuatan produk kursi tangga.
B. Calon Pesaing
Bila produk kami telah laku di pasaran, tidak
tertutup kemungkinan akan muncul produsen-produsen baru di dalam negeri yang
menghasilkan produk serupa dengan harga yang bersaing. Untuk mengantisipasi hal
ini, kami mendesain produk kami agar sulit ditiru oleh pesaing antara lain
melalui kualitas bahan baku
yang digunakan ( kayu jati ), jenis ukiran yang unik ( susah ditiru ), juga
desain logo merek pada produk tersebut.
BAB X
URAIAN
TIM MANAJEMEN
A. Manajer dan Tim
Kunci
Manajer dan tim kunci yang dipilih
dalam menjalankan visi dan misi perusahaan merupakan para manajer yang memiliki
kredibilitas dan keahlian di bidangnya. Manajemen kunci dipegang oleh tim yang
solid karena berlatar belakang dari pertemanan sewaktu menempuh pendidikan di perguruan
tinggi untuk gelar Sarjana Ekonomi di salah satu perguruan tinggi terkemuka di
Jakarta. Berbekal pengalaman sebagai teman karib yang terbiasa bekerja sama,
diyakini susunan menajemen kunci akan sangat solid untuk bekerjasama menuju
kemajuan dan kesuksesan perusahaan ini. Namun meskipun di landasi dengan
hubungan pertemanan di antara para pendiri dan eksekutif perusahaan,
profesionalitas tetap menjadi hal yang utama dan di junjung tinggi di dalam
hubungan internal perusahaan. Agar terciptanya suasana kerja yang kondusif di
dalam lingkungan perusahaan.
BAB
XI
RENCANA
OPERASI
A. Bentuk Kepemilikan Yang Dipilih
Perusahaan yang akan kami dirikan
merupakan Perusahaan dengan bentuk kepemilikan Perseroan terbatas (Limited Corporation). Alasan kami
memilih bentuk kepemilikan PT antara lain karena PT memiliki
keunggulan-keunggulan sebagai berikut:
1)
Kewajiban
terbatas dari pemegang saham
Kewajiban
dari penanam modal terbatas hanya pada jumlah investasi mereka pada bisnis.
Dengan demikian, kreditor tidak dapat melakukan klaim atas harta pribadi dari
pemegang saham untuk melunasi hutang yang belum terbayar. Hal inilah yang
menarik pihak penanam modal untuk menginvestasikan dananya pada perseroan.
2)
Kemampuan
mengumpulkan modal
Oleh
karena investasi pada perseroan memiliki kewajiban yang terbatas, bentuk
kepemilikan PT telah terbukti sebagai bentuk yang paling efektif dalam
mengumpulkan modal dalam jumlah besar. Perseroan dapat mengumpulkan uang untuk
memulai usaha dan berkembang dengan cara menjual saha, baik dengan cara private placement atau melalui penawaran
saham perdana ( Initial Public
Offering—IPO)
3)
Kemampuan
untuk berlangsung selamanya
Perseroan
dapat beroperasi terus-menerus dibandingkan dengan perusahaan perseorangan dan
persekutuan. Tidak seperti perusahaan perseorangan atau persekutuan yang
kematian pendirinya akan mengakhiri bisnisnya, perseroan dapat hidup lebih lama
dari masa hidup pemiliknya.
4)
Kepemilikan
yang dapat dipindahkan
Tidak
seperti investasi pada sebuah persekutuan, saham kepemilikan atas sebuah
perseroan dapat dengan mudah dipindahtangankan melalui penjualan saham kepada
pihak lain atau melalui warisan pada generasi pemilik yang lebih muda.
Sebagai
perusahaan yang direncanakan akan menjadi besar, kami membutuhkan dana yang
sangat besar dan berbadan hukum kuat , oleh karena itu bentuk kepemilikan
Perseroan Terbatas merupakan pilihan yang terbaik untuk perusahaan kami.
B. Kewenangan
Pengambilan Keputusan
Karena
bentuk kepemilikan yang kami pilih merupakan Perseroan Terbatas, maka wewenang
tertinggi untuk mengambil seluruh keputusan terkait dengan kegiatan manajemen
dan operasional perusahaan berada pada Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS), yang
akan dilakukan 1 tahun sekali. Keputusan yang diambil haruslah sesuai dengan
visi dan misi perusahaan yang telah dirumuskan. Namun untuk pengambilan
keputusan yang bersifat operasional dan jangka berjangka waktu pendek, pengambilan keputusan di lakukan dengan cara
merumuskan dan membahasnya dalam rapat, kemudian eksekutif atau pemimpin yang
memutuskan tindakan dan jalan keluar yang akan dilakukan. Selanjutnya, hasil keputusan
tersebut di informasikan kepada para karyawan yang terkait. Sedangkan pada
prakteknya, para manajer memiliki andil yang cukup besar dalam pengoperasian
dan pengambilan keputusan yang menyangkut bidang yang mereka koordinator atau
yang mereka pimpin.
C.
Paket Kompensasi
dan Tunjangan
Perusahaan
sangat memperhatikan para karyawannya dan hal tersebut di wujudkan dengan
kompensasi yang di berikan kepada setiap karyawan, sesuai dengan kebutuhan para
karyawan tersebut. Karena dengan menetapkan system penghargaan dan kompensasi
yang baik dan sesuai, perusahaan dapat dan mampu untuk mempertahankan karyawan
yang berkualitas dan memberikan kepuasaan kepada semua karyawannya. Sehingga
para karyawan tersebut memiliki loyalitas tinggi dan kesetiaan yang besar kepada
perusahaan.
Kompensasi dan penghargaan
Setiap
karyawan mungkin memiliki harapan dan ekspektasi yang berbeda akan kompensasi
dan penghargaan yang di berikan perusahaan. oleh karena itu, perusahaan
memberlakukan system kompensasi yang berbeda kepada karyawannya sesuai dengan
kebutuhan dan karakteristik mereka.
·
System
kompensasi berbasis kinerja
Untuk
para tenaga penjual produk perusahaan, kami memberlakukan sistem ini. Dimana
setiap karyawan memiliki gaji pokok setiap bulannya. Namun untuk setiap produk
yang terjual, karyawan akan mendapatkan bonus tambahan (commission fee).
·
Kompensasi
berupa hiburan
Jika
target perusahaan tercapai, maka karyawan secara keseluruhan akan mendapatkan
hiburan, misalnya untuk tercapainya target bulanan yang di tetapkan perusahaan
perusahaan akan memberikan acara makan bersama. Dan untuk tercapainya target
tahunan, maka kompensasi yang di berikan adalah berlibur bersama ke daerah
penghasil kerajinan furniture dan ukiran, seperti Bali ,
Jepara, jogja dan sebagainya. Jadi selain berlibur, para karyawan juga dapat
memperluas wawasannya terhadap seni dan kreativitas.
·
Penghargaan
Non-material
·
Kenaikan
Gaji
Karyawan
mendapatkan kenaikan gaji yang stabil dan bonus setiap akhir tahun
·
Hak
untuk Cuti
Semua
karyawan berhak untuk mendapatkan cuti yang sesuai dengan peraturan yang berlaku.
Tunjangan
Setiap karyawan berhak untuk
mendapatkan tunjangan secara merata seperti :
·
Tunjangan
Hari Raya
·
Tunjangan
sakit, kecelakaan dan meninggal dunia
Namun ada beberapa tunjangan yang di berikan khusus
di spesifikasikan terhadap karyawan tertentu, seperti :
·
Asuransi
kesehatan kepada para pekerja produksi
Hal ini di karenakan, para karyawan yang terlibat
langsung dengan proses produksi memiliki resiko yang lebih besar dibandingkan
dengan karyawan lainnya. Sebab serbuk kayu tersebut dapat menyebabkan gangguan
kesehatan bila tidak di tangani dengan baik.
·
Tunjangan
keluarga
Untuk para karyawan yang telah memiliki keluarga
(anak) diberikan kompensasi tambahan berupa tunjangan pendidikan (dengan
ketentuan yang berlaku).
Kursi Tangga
2 fungsi, jadi kursi
dan dibuka bisa jadi tangga. Penempatan, biasanya diletakkan di dapur.
Spesifikasi:
A. waktu jadi kursi
Ukuran : (l)43 x (d) 45
x (tinggi sandaran) 86,5 cm
B. waktu jad tangga
Ukuran : (l)43 x (d) 62
x (tinggi tangga) 84 cm
Bahan : kau jati
finsihing melamine.
warna : Salak Brown.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar